Creating Simple Tshirt
Ok,. ketemu lagi bareng gue, Noobs Creator UglyKidDrew
Saat ini, gue bukan ingin memberikan sebuah tutorial kepada temen-temen, (karna terkesan gimana gitu) secara gue juga masih noobs and baru aja belajar tentang ginian,.wkwkwkwk.
Gue pengen ngajak teman-teman untuk bersama-sama belajar membuat Tshirt sederhana mengunakan CP gue,. kenalin (Mba 3dsMax) love u,..Lol...
Saat ini, gue bukan ingin memberikan sebuah tutorial kepada temen-temen, (karna terkesan gimana gitu) secara gue juga masih noobs and baru aja belajar tentang ginian,.wkwkwkwk.
Gue pengen ngajak teman-teman untuk bersama-sama belajar membuat Tshirt sederhana mengunakan CP gue,. kenalin (Mba 3dsMax) love u,..Lol...
Adapun langkah-langkah yang akan kita bahas bersama dalam proses pembuatan Tshirt Sederhana, yang akan kita bahas dalam beberapa hari kedepan untuk tiap langkahnya.
- Cloning mesh dari default avatar master file (Male03_Anime01_WeightingPoseMASTER.max) dan Reshaping Mesh, untuk membentuk model sebuah Tshirt sederhana.
- UVW Mapping, untuk menentukan tata letak material mesh. sort of,. lol
- Unwrap UVW, untuk render uvw template, yang nantinya akan kita jadikan pola acuan pembuatan Texture Tshirt ini, mengunakan software editor photo.
- Weighting mesh. ada 2 cara untuk weighting mesh pakaian yakni :
1. Menambahkan Phisique Modifier ke dalam mesh pakaian
2. Attach Mesh "Male03_Anime01_WeightingPoseMASTER" dengan Tshirt Mesh.
Dalam artikel ini kita hanya akan belajar bersama tentang pembuatan Tshirt sederhana dengan cara Attach Mesh.
Sebelum memulai proses belajar bersama kali ini, sekiranya di maafkan and di maklumi serta di koreksi, jika ada kesalahan dalam proses pembuatan Tshirt ini.
Langkah Pertama
Hari Pertama
Hari Pertama
Cloning Mesh dan Reshaping mesh
KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR
Buka file master weighting (Male03_Anime01_WeightingPoseMASTER.max)
Klik Pada bagian badan avatar (Male01.anime01.TorsoNaked)
Clone TorsoNaked, Dengan cara; Tekan tombol CTRL dan V
Ganti nama mesh yang di clone Dengan "Tshirt"
Isolasi mesh Tshirt, dengan cara ; Tekan Alt Q
Pada Mode isolasi mesh Tshirt, anda akan melihat kerangka yang berwarna kuning (Phisique)
delete phisique
Ganti tambahkan tampilan Edge Faces pada screen, dengan cara; klik viewport di bagian kiri atas screen 3ds max, lalu centan Edge Faces.
Selanjutnya klik Poligon selection seperti gambar. Selection type ini berguna untuk menyeleksi poligon pada mesh Tshirt, untuk di hapus.
Seleksi bagian leher dan sebagian lengan lalu delete. hal ini dilakukan untuk mendapatkan bentuk Tshirt
Keluar dari isolation mode, untuk mendapatkan gambaran bagaimana bentuk tshirt bila di pasangkan ke avatar
Karna hampir seluruh player imvu mengunakan giga avi untuk rescale avatar, jadi kita harus memperpanjang ukuran Tshirt ini, sampai ke bagian nakePelvis. untuk itu kita juga harus mempertahankan jarak tiap vertex agar nanti saat di attach dengan bagian tubuh ava yang telah di pasangi Physique, link phisique tepat berada persis di atas bagian tubuh yang bergerak, sehingga mempermudah kita untuk ReLink vertex phisique ke bone(tulang). hal ini nantinya akan kita bahas di tahap ke 4 pembuatan tshirt
Untuk mempertahankan jarak tiap vertex tshirt, kita harus mengunakan "Soft selection mode"
dengan value sesuai di gambar atau sesuai perkiraan anda. ikuti langkah di gambar
Pada saat melakukan penarikan Border, sudut axis yang di tarik adalah sudut axis Y.
Rescale bagian bawah tshirt pada daerah yang di pengaruhi oleh soft selection
Hilangkan tanda centang "EdgeDistance" untuk mendapatkan scale yang smooth
Gunakan Kotak kecil dengan tulisan arah, untuk mendapatkan sudut pandang yang pas saat Memperbesar ukuran tshirt pada bagian yang terseleksi.
Tambahkan "Push Modifier" pada mesh lalu atur value sesuai kebutuhan,. sampai bagian Tshirt benar" berada di atas TorsoNaked.
Arrange vertex untuk membentuk model tshirt yang pas, sesuai keinginan.
Pilih Vertex selection, Move tool Dalam Local view
Klik Pada bagian badan avatar (Male01.anime01.TorsoNaked)
Clone TorsoNaked, Dengan cara; Tekan tombol CTRL dan V
Ganti nama mesh yang di clone Dengan "Tshirt"
Isolasi mesh Tshirt, dengan cara ; Tekan Alt Q
Pada Mode isolasi mesh Tshirt, anda akan melihat kerangka yang berwarna kuning (Phisique)
delete phisique
Selanjutnya klik Poligon selection seperti gambar. Selection type ini berguna untuk menyeleksi poligon pada mesh Tshirt, untuk di hapus.
Keluar dari isolation mode, untuk mendapatkan gambaran bagaimana bentuk tshirt bila di pasangkan ke avatar
Untuk mempertahankan jarak tiap vertex tshirt, kita harus mengunakan "Soft selection mode"
dengan value sesuai di gambar atau sesuai perkiraan anda. ikuti langkah di gambar
Pada saat melakukan penarikan Border, sudut axis yang di tarik adalah sudut axis Y.
Rescale bagian bawah tshirt pada daerah yang di pengaruhi oleh soft selection
Hilangkan tanda centang "EdgeDistance" untuk mendapatkan scale yang smooth
Gunakan Kotak kecil dengan tulisan arah, untuk mendapatkan sudut pandang yang pas saat Memperbesar ukuran tshirt pada bagian yang terseleksi.
Tambahkan "Push Modifier" pada mesh lalu atur value sesuai kebutuhan,. sampai bagian Tshirt benar" berada di atas TorsoNaked.
Arrange vertex untuk membentuk model tshirt yang pas, sesuai keinginan.
Pilih Vertex selection, Move tool Dalam Local view
Ok... Langkah Hari ini telah selesai, akan kita lanjutkan besok hari dengan Langkah "UVW Mapping"
Apabila ada pertanyaan,. silahkan tinggalkan Komentar atau Chat dengan gue di YM.
Apabila ada pertanyaan,. silahkan tinggalkan Komentar atau Chat dengan gue di YM.
Selanjutnya >>













Comments
Post a Comment
Terima Kasih Telah Meninggalkan Komentar,.